Menggunakan kata Notulensi, Notulen, Notula atau Notulis?


Foto di atas merupakan pengalaman pertama saya menjadi seorang penulis dalam sebuah workshop. Beberapa hari yang lalu saya diajak oleh seseorang ibu yang katanya bahwa, "Ifan, bisa minta tolong jadi notulen untuk workshop besok?". Dengan senang hati walaupun ini adalah pengalaman pertama dalam kegiatan resmi maka saya iyakan ajakan tersebut. Kenapa tidak kalau belum dicoba, iya kan?. Kemudian ibu tersebut mengatakan, "Tenang saja, nanti ibu akan kasih kerangka notulensinya". Saya menjawab, "Oke, boleh bu". Akhirnya perbincangan tersebut selesai dan telah menghasilkan kesepatan. Langsung saja saya mencari informasi tentang notulen di internet dengan melakukan searching di google.com. Aktivitas seperti searching di google.com itu merupakan kebiasaan saya ketika ingin mengetahui hal baru dan masalah-masalah dalam dunia komputer yang saya geluti.

Saya mencari informasi tersebut dari "Apa itu notulen?" hingga "Tips trik menjadi notulen". Setelah informasi tentang notulen tersebut saya dapatkan, ternyata beberapa dari kita pernah memakai kata yang salah yaitu pemakaian kata "Notulen dan Notulensi" yang sering digunakan terus-menerus baik dalam tulisan maupun percakapan sehari-hari. Saya tertarik pada artikel yang terdapat pada laman bahasakita.com berjudul "Notulensi, Notulen, Atau Notula?". Dimana saya dan anda bisa mencari tahu istilah notulen dan notulensi di laman Kamus Besar Bahasa Indonesia seperti yang dilakukan dalam artikel bahasakita.com tersebut. Laman Kamus Besar Bahasa Indonesia yang telah disediakan oleh Pusat Bahasa itu bisa anda kunjungi di http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Apa yang terjadi setelah kita melakukan pencarian kata notulen dalam laman tersebut, maka hasilnya seperti berikut ini :

Hasil pencarian kata "notulen"

Dari gambar di atas diartikan bahwa notulen sama dengan notula. Nah, apa itu notula mari kita cari lagi. Maka hasilnya seperti berikut ini :

Hasil pencarian kata "notula"


Jadi, definisi notulen yang sama arti dengan notula tersebut adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan: -- rapat merupakan dokumentasi penting. Kemudian, coba kita cari kata notulensi yang sering kita ucapkan dan tulis dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil pencarian kata "notulensi"

Dan apa yang terjadi, ternyata kata notulensi tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Terus dari mana kata notulensi tersebut berasal. Ini menjadi tanya besar, karena saya juga tidak tahu darimana kata notulensi ini berasal.

Dari pencarian kata notulen dan notulensi seperti kita lihat pada gambar di atas dapat disimpulkan bahwa pemakaian kata yang sebenarnya untuk menyebutkan catatan singkat dalam rapat atau workshop adalah notulen atau notula. Jadi, pemakaian kata notulensi adalah salah karena tidak ada artinya dalam KBBI. Seperti kalimat di awal artikel ini yaitu : "Tenang saja, nanti ibu akan kasih kerangka notulensinya", ini adalah contoh kalimat yang salah karena memakai kata notulensi. Pemakaian kata notulen adalah yang lebih benar, pemakaiannya menjadi seperti ini "Tenang saja, nanti ibu akan kasih kerangka notulennya".

Sedangkan kalimat yang lainnya di awal artikel yaitu : "Ifan, bisa minta tolong jadi notulen untuk workshop besok?", kalimat tersebut sudah jelas salah karena pemakaian kata notulen yang sebenarnya dalam KBBI adalah catatan singkat dalam rapat, jadi bukan seseorang yang bertugas menulis catatan singkat tersebut. Lalu, bagaimana dengan istilah untuk menyebutkan seseorang yang bertugas menulis catatan singkat dalam rapat atau workshop. Seperti penjelasan yang ditemukan dalam artikel bahasakita.com, selain istilah notulen dan notula terdapat istilah lain yaitu notulis. Apa itu notulis?, jika dicari dalam laman Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maka hasilnya seperti berikut ini :

Hasil pencarian kata "notulis"

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa definisi notulis adalah orang yang bertugas membuat notula (catatan rapat). Sehingga contoh pemakaian yang benar adalah "Ifan, bisa minta tolong jadi notulis untuk workshop besok?".

Jadi, dari definisi yang telah kita cari pada laman Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa pakailah kata notulen atau notula jangan notulensi untuk menyebutkan catatan singkat dalam rapat sedangkan untuk menyebutkan orang yang membuat notulen adalah notulis jangan notulen.


Referensi :
http://bahasakita.com
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Novita Sari
admin
Tuesday, August 04, 2015 9:23:00 PM ×

Terima kasih infonya sngat brmanfaat

Reply
avatar
Thursday, August 06, 2015 12:58:00 PM ×

Sama2, terima kasih kembali telah mengunjungi blog ini.

Reply
avatar
Adi Nu
admin
Saturday, March 19, 2016 9:38:00 PM ×

cakep gan, banyak yang masih belum tau ini, malah harusnya bukan notulen juga, tapi cukup dengan notula

Reply
avatar
Thanks for your comment